Pengabdian STIKES Advaita Medika Tabanan Beri Penyuluhan Persiapan Menghadapi Menopouse

STIKES Advaita Medika Tabanan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat Di Desa Delod Peken Tabanan. Pengabdian dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan terkait persiapan menghadapi menopouse.

Wakil Ketua I Bidang Akadamik, Kadek Sri Ariyanti, S.Si.T., M.Kes. yang turut hadir dalam kegiatan pengabdian menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini, rutin dilaksanakan oleh STIKES Advaita Medika Tabanan setiap tahunnya. Pengabdian untuk memberikan pengetahuan kesehatan kepada masyarakat. “Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu bidang Pengabdian kepada Masyarakat,” ucap Sri Ariyanti.

Kali ini STIKES Advaita Medika Tabanan bekerjasama dengan Desa Delod Peken Tabanan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui Penyuluhan Persiapan Menghadapi Masa Menopouse. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada wanita tentang gejala-gejala yang dapat muncul pada masa pre menopause, bagaimana cara mengurangi gejala yang timbul, serta terapi non farmakologis yang dapat digunakaan untuk mengurangi keluhan-keluhan yang timbul.

Materi penyuluhan disampaikan oleh dosen Prodi DIII Kebidanan, Putu Arik Herliawati, S.Tr.Keb., M.Keb. Peserta dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK Desa Delod Peken. Selain penyampaian materi, juga dilakukan diskusi serta pemberian dorprise untuk beberapa peserta yang aktif bertanya dan memberikan tanggapan selama kegiatan penyuluhan berlangsung.

“Perimenopause (premenopause) merupakan masa transisi dari siklus menstruasi normal menuju menopause. Beberapa gejala dapat muncul sehingga para wanita sering merasa tidak nyaman. Wanita menjelang menopause perlu mengetahui gejala-gejala yang dapat timbul serta bagaimana cara menanggulanginya,” terang Arik Herliawati,

Kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Desa Delod Peken, I Gede Komang Restan Wisnawa dan Ibu Kepala Desa, Desak Putu Mulyati. Dalam sambutannya Restan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu, terutama yang sudah atau akan segera menghadapi masa menopause. Ia merasa senang menjalin kerjasama dengan STIKES Advaita Medika Tabanan, terutama dalam menjalankan program-program kesehatan yang sudah direncanakan oleh desa. “Saya berharap, STIKES Advaita Medika Tabanan siap membantu pelaksanaan program-program kesehatan di desa, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, ” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, STIKES Advaita Medika Tabanan menyerahkan kenang-kenangan berupa Buku hasil karya Ketua STIKES Advaita Medika Tabanan, Dr. Made Dewi Sariyani, S.ST., M.Kes, yang berjudul Penghargaan Diri (Self Esteem) Bagi Penyalahguna Narkoba yang Direhabilitasi. Buku ini merupakan integrasi dari hasil penelitian Dewi, yang dilaksanakan pada remaja pengguna narkoba yang sedang di rehabilitasi di RSJ Provinsi Bali. Buku tersebut diterima dengan sangat baik oleh Kepala Desa Delod Peken, kemudian diserahkan langsung kepada Kepala Perpustakaan Widya Sastra Desa Delod Peken.

 

Sumber: Bali Wake News

admin

STIKES Advaita Medika Tabanan

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: