STIKES Advaita Medika Tabanan Melaksanakan Praktik Komunitas dan Keluarga di Desa Selanbawak

Program Studi S1 Keperawatan Ners telah melaksanakan kegiatan praktik profesi Komunitas dan Keluarga sebagai salah satu agenda wajib tahunan sesuai dengan kurikulum pendidikan berbasis KKNI. Praktik Profesi ini memiliki bobot 5 sks yang ditempuh mahasiswa selama 4 minggu dari tanggal 23 September 2019 sampai dengan 16 Oktober 2019 yang bertempat di Desa Selanbawak Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Mahasiswa dengan total jumalh 44 orang tersebar secara merata di 5 banjar yaitu Banjar Selanbawak Kaja, Banjar Selanbawak Kelod, Banjar Manik Gunung, Banjar Kekeran, dan Banjar Pekilen.

Kegiatan diawali dengan acara pembekalan yang dilaksanakan di Aula STIKES Advaita Medika Tabanan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Camat Marga, Kepala Desa Selanbawak, dan Dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah (PJMK). Mahasiswa terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pembekalan praktik yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 19 dan 20 September 2019. Kegiatan dilanjutkan pada tanggal 23 September 2019 berupa penyerahan mahasiswa dari pihak STIKES Advaita Medika Tabanan kepada pihak Desa yang diterima langsung oleh Bapak I Ketut Muliarta selaku Sekretaris Desa Selanbawak.

Kegiatan praktik dimulai dengan pentabulasian data desa yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 28 September 2019 oleh seluruh mahasiswa. Data yang terkumpul dari masing-masing banjar kemudian dikumpulkan dan dijadikan menjadi 1 laporan tabulasi Desa Selanbawak untuk mengetahui masalah yang ada di desa utamanya terkait dengan aspek kesehatan. Tahapan kegiatan selanjutnya yang dilakukan adalah kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilakukan sebanyak 2 kali. MMD yang pertama dilaksanakan pada tanggal 30 September 2019 dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa profesi Ners STIKES Advaita Medika Tabanan serta tamu undangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Camat Marga, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Dosen dan Staf STIKES Advaita Medika Tabanan dan pihak terkait lainnya.

Beberapa program telah dilaksanakan oleh mahasiswa dengan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain Posyandu Lansia, pengadaan jamban sehat, kerja bakti di lingkungan desa, dan pemilahan sampah yang dirasa belum maksimal dilaksanakan di Desa. Dengan terselenggaranya praktik komunitas dan keluarga mahasiswa Profesi Ners STIKES Advaita Medika Tabanan di Desa Selanbawak ini diharapkan dapat meningkatkan status kesehatan Desa dan memberi manfaat secara nyata bagi masyarakat sekitar. Semoga kedepannya STIKES Advaita Medika Tabanan dapat selalu mengadakan kegiatan yang bermanfaat demi terciptanya status kesehatan yang optimal bagi masyarakat luas.

admin

STIKES Advaita Medika Tabanan

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: