• Sambutan
  • Sejarah
  • Visi, Misi, Tujuan dan Fasilitas
  • Struktur Organisasi, Ijin dan Akreditasi
  • Arti Lambang
  • Hymne dan Mars Stikes Advaita Medika

Sambutan Ketua Stikes Advaita Medika


I Wayan Surka, SSi.T, MKes

sambutan ketua stikes advaita medika

Sejarah Stikes Advaita Medika

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Advaita Medika Tabanan selanjutnya disebut STIKES AMETA, merupakan salah satu perguruan tinggi dibawah naungan Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia yang berkedudukan di Bali. Kampus STIKES AMETA beralamat di Jl Perkutut No 25, Pasekan Belodan, Tabanan Bali. Penyelenggaraan STIKES AMETA berdasarkan Keputusan Mediknas No 110/D/O/2009 tertanggal 03 Agustus 2009, tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Advaita Medika Tabanan. Ijin tersebut diberikan kepada Yayasan Cipta Karya Darma sebagai Dewan Penyelenggaran.

Yayasan Cipta karya Darma sebagai Dewan Penyelenggara didirikan berdasarkan Akta Notaris I Gusti Kade Oka, S.H. Nomor 103 tanggal 28 Oktober 2005 seperti yang telah dirubah Akta Nomor 83 tanggal 18 Agustus 2009 dengan notaris yang sama. Akt pendirian Yayasan telah mendapatkan pengesahan Depkumham RI Nomor : C-171.HT.01.02.TH 2006, serta Akta Perubahan telah didaftarkan dengan nomor AHU-AH.01.08.637 di institusi yang sama.

Visi, Misi, Tujuan dan Fasilitas
Stikes Advaita Medika

VISI

β€œMenghasilkan tenaga kesehatan khususnya S1 Keperawatan, Ners dan DIII Kebidanan yang unggul, spirtualis dan berdaya saing Nasional tahun 2020”

MISI

Menyelenggarakan program pendidikan untuk menghasilkan tenaga keperawatan dan ahli madya kebidanan yang profesional dengan hard skil dan soft skill sesuai dengan tuntutan profesi Menyelenggarakan penilitian inovatif dan bermanfaat sesuai dengan perkembangan ilmu keperawatan dan kebidanan.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyrakat yang mensinergikan peran pendidikan dengan tuntutan kebutuhan peningkatan derajat kesehatan masyrakat.


Tujuan

a.Tujuan Umum
Menghasilkan lulusan pendidikan keperawatan dan kebidanan yang mempunyai kompetensi dalam pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab.

b.Tujuan khusus
1) Mendidik mahasiswa melalui proses pendidikan dengan kurikulum berbasis kompetensi sehingga mempunyai kemampuan dan keterampilan serta sikap untuk :
a) Melaksanakan profesi keperawatan dan kebidanan secara akuntabel dalam suatu system pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan keperawatan dasar dengan tingkat komunitas tertentu secara mandiri berdasarkan kaidah-kaidah keperawatan dan kebidanan.
b) Mengelola pelayanan keperawatan dan kebidanan professional secara bertanggung jawab dan mengutamakan kepentingan masyarakat.
c) Mengadakan kegiatan penelitian keperawatan dan kebidanan serta menggunakannya untuk meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan atau asuhan keperawatan dan kebidanan sesuai dengan perkembangan iptek.
d) Memelihara dan mengembangkan kepribadian serta sikap yang sesuai dngan etika keperawatan dan kebidanan dalam melaksanakan profesinya.

2) Berperan serta aktif dalam mendidik dan melatih calon perawat dan bidan serta berperan dalam berbagai program pendidikan tenaga kesehatan
3) Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatkan kemampuan profesional.

FASILITAS

Dosen terdiri dari dosen tetap dan tidak tetap S2 Keperawatan, Dokter Specialis, S2 Magister Kesehatan/Kesehatan Masyrakat, Diploma IV Kebidanan, serta praktisi yang mempunyai keahlian dan kompetensi pada masing-masing mata kuliah yang diajarkan.

Kegiatan belajar mengajar dand kegiatan mahasiswa dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas Ruang Perkuliahan, Perpustakaan, Lab Klinik Kebidanan, Lab Klinik Keperawatan, Lab Klinik Terpadu serta Asrama Mahasiswa.

Untuk kelancaran proses pembelajaran Stikes Advaita Medika menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Negeri dan Swasta, kerjasama dengan Dinas kesehatan beserta jajarannya, kerjasama dengan organisasi Profesi (PPNI, IBI, IDI, PERSAGI), kerjasama dengan kursus bahasa Inggris, universitas/college kesehatan international dan organisasi

Untuk mahasiswa disediakan Beasiswa dari Stikes Advatia Medika dan sumber lain dalam bentuk bantuan dan beasiswa bebas biaya pendidikan bagi memenuhi syarat.

Struktur Organisasi, Ijin dan Akreditasi

IJIN: [SK MENDIKNAS NO:110/D/O/2009]
TERAKREDITASI: [BAN-PT NO:151/BAN-PT/AK-XVI/S/VI/2013]
Struktur Organisasi

Arti Lambang

Lambang Stikes Advaita Medika
Arti Lambang Stikes Advaita Medika
a. ADVAITA : mengandung arti yang pertama atau yang diutamakan/ diunggulkan.
b. DASAR : Bunga Wijaya Kusuma bermakna bunga kehidupan, berkelopak daun lima bermakna menjungjung tinggi nilai-nilai luhur Dasar Negara Pancasila.
c. OBOR : sebagai lambang semangat membara, TIGA Lidah Api pada Obor sebagai lambing kekuatan pencipta, pemelihara serta pelebur.
d. RAJAWALI : Sayap Rajawali melambangkan cita-cita yang tinggi, dengan cakar Rajawali mengandung harapan agar lulusan STIKES Advaita Medika mampu mengambil tindakan secara cepat dan tepat.
e. BUKU : melambangkan sumber ilmu pengetahuan
f. TERATAI : melambangkan kesucian dan kebijaksanaan
g. DAUN KAYU SAKTI : melambangkan kamampuan menyembuhkan berbagai penyakit.

Hymne dan Mars Stikes Advaita Medika

HYMNE STIKES ADVAITA MEDIKA TABANAN

Puji dan syukur kami panjatkan
Kehadirat Mu Tuhan Yang Kuasa
Agar senantiasa kami suka cita
Mendapat anugrah terindah
Bimbinglah kami dalam melangkah
Menapak jalan yang penuh harapan
Dengan satu tujuan meraih impian
Di Kampus Stikes Advaita Medika



MARS STIKES ADVAITA MEDIKA TABANAN

Penuh semangat menuju masyarakat sehat sejahtera
Indonesia tercinta
Satu tekad
Majulah maju terus berjuang
Membangun nusa bangsa
Tempat diri menjadi tenaga terampil dan unggul
Langkah pertama dikampus hijau Stikes Advaita Medika Tabanan
support by tritamamedia.com