Prodi DIII Kebidanan STIKES Advaita Medika Tabanan Laksanakan Ujian Antenatal Care (ANC)

Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Advaita Medika Tabanan melaksanakan ujian Antenatal Care pada hari Senin, 23 Desember 2019. Ujian ANC atau pemeriksaan ibu hamil tersebut dilaksanakan mahasiswi semester tiga sebagai salah satu ujian keterampilan wajib.

Seorang dosen penguji, Ibu Made Dewi Sariyani, S.ST., M.Kes mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Praktik Fisiologis yang dilaksanakan pada semester tiga. Ujian ini dilaksanakan sebelum mahasiswi semester 3 ini turun ke lapangan untuk melaksanakan Pra Praktik Klinik Kebidanan yang akan dilaksanakan di Puskesmas Kabupaten Tabanan. Ujian ini dilakukan menggunakan phantom ibu hamil dan dimaksudkan agar mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan optimal.

“Pada ujian ini, satu mahasiswa langsung melakukan kegiatan praktik dengan menggunakan phantom ibu hamil. Ujian ini bertujuan untuk membekali mahasiswi sebelum terjun mempraktikkan pemeriksaan ANC di lahan praktik seperti puskesmas, rumah sakit dan bidan praktik mandiri,” katanya.

Dijelaskan Ibu Dewi, bahwa ujian ANC tersebut meliputi anamnesa ibu hamil atau kegiatan wawancara antara mahasiswi dengan pasien untuk memperoleh data dan informasi seputar kehamilan pasien, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan pendidikan kesehatan.

Kaprodi DIII Kebidanan, Ibu Kadek Sri Ariyanti, S.Si.T., M.Kes, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, untuk menjadi bidan yang profesional dan berkompeten, mahasiswi harus melewati berbagai macam test untuk mengasah kemampuannya.

Dari ujian ANC inilah nantinya mahasiswi diharapkan bisa menguasai skill dalam pemeriksaan ibu hamil yang nantinya akan menjadi syarat kompetensi untuk menjadi seorang bidan. “Dengan menguasai semua kompetensi, mahasiswi yang akan menjadi bidan harus bisa berkontribusi banyak bagi dunia kesehatan,” kata Ibu Sri Ariyanti.

admin

STIKES Advaita Medika Tabanan

Mungkin Anda Menyukai