PENGABDIAN MASYARAKAT PENGOBATAN GRATIS DAN BAKTI SOSIAL DI PURA LUHUR MUNCAK SARI PENEBEL

Kegiatan “Pengabdian masyarakat Pengobatan Gratis dan Bakti Sosial”, telah dilakukan pada hari Minggu tanggal 13 Januari 2019 dan hari Selasa tanggal 15 Januari 2019 yang bertempat di di Pura Luhur Muncak Sari. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh civitas akademika STIKES Advaita Medika Tabanan dan melibatkan seorang dokter umum.

Kegiatan diawali dengan melakukan persembahyangan Bersama di Pura Beji Pura Luhur Muncak Sari. Selesai melaksanakan persembahyangan bersama, mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok, ada mahasiswa yang membantu bersih-bersih dan ada kurang lebih delapan mahasiswa membantu di Pos Pengobatan Gratis. Mahasiswa melaksanakan bersih-bersih di lingkungan area Pura Luhur Muncak Sari dengan menyapu dan memungut sampah agar lingkungan Pura tetap bersih dan rapi. Mahasiswa yang ikut di Pos Pengobatan mereka bertugas untuk membantu mengisi registrasi pasien, mengukur vital sign, dan menyiapkan obat yang didampingi oleh dosen STIKES Advaita Medika Tabanan.

Setiap ada masyarakat yang datang untuk berobat/memeriksakan dirinya terlebih dahulu akan diregristrasi dengan menanyakan identitasnya dan keluhan yang dirasakan. Dilanjutkan dengan vital sign seperti mengukur tekanan darah, nadi, suhu, dan pernafasan. Setelah vital sign pasien diarahkan menuju dokter yang akan memeriksa, setelah diperika oleh dokter maka pasien akan mendapatkan resep dan dilanjutkan mengambil obat.

Kegiatan pengabdian masyarakat Pengobatan Gratis dan Bakti Sosial di Pura Luhur Muncak Sari ini dilaksanakan mulai pukul 09.00-13.00 WITA dengan jumlah pasien yang datang untuk berobat sebanyak 49 orang. Keluhan yang paling banyak dialami pasien adalah nyeri otot (myalgia)Rata-rata usia pasien yang datang adalah usia 40 tahun ke atas. Acara terakhir pada pukul 13.30 WITA dilanjutakn dengan sembahyang Bersama kembali di Pura Luhur Muncak dan berpamitan dengan panitia Piodalan, kemudian kembali ke kampus STIKES Advaita Medika Tabanan.

Pada hari Selasa tanggal 15 Januari 2019, STIKES Advaita Medika Tabanan kembali bertugas di Pura Luhur Muncak Sari sebagai Tim Medis. Petugas tim medis terdiri dari tiga orang mahasiswa dan dua orang dosen pendamping. Selama kegiatan berlangsung masyarakat aktif memeriksakan kesehatannya diawali dengan mengungkapan keluhan kesehatan, mengukur tekanan darah dan memberikan terapi obat. Kegiatan ini dimulai dari pukul 13.00 WITA sampai 17.00 WITA dengan jumlah pasien yang berobat yaitu sebanyak 44 orang. Sebagian besar masyarakat datang untuk kontrol tekananan darah. Selesai kegiatan pemeriksaan kesehatan, dilanjutkan dengan acara persembahyangan dan berpamitan kepada panitia piodalan Pura Luhur Muncak Sari.

admin

STIKES Advaita Medika Tabanan

Mungkin Anda Menyukai