Home Care Pijat Bayi dan Pijat Ibu Nifas Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Advaita Medika Tabanan

Sebagai penciri, Prodi DIII Kebidanan STIKES Advaita Medika Tabanan memiliki dua mata kuliah unggulan, yaitu Askeb Pijat Bayi dan Askeb Komplementer. Dua mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang menghasilkan luaran unggulan bagi Lulusan Prodi DIII Kebidanan.

“Selain manjadi seorang bidan yang kompeten, mahasiswa juga harus dibekali dengan skill tambahan agar mereka mampu bekerja secara mandiri. Dengan skill pijat bayi dan pijat ibu nifas ini, mahasiswa akan mampu menjadi seorang terapis baby spa, kids spa ataupun mom spa,” jelas Ibu Kadek Sri Ariyanti, S.Si.T., M.Kes selaku Kaprodi DIII Kebidanan.

Mahasiswa belajar Askeb Pijat bayi di semester 4 dan askeb komplementer pada semester 5. Setelah melalui pembelajaran teori di kelas, mereka diwajibkan untuk praktik di lapangan melalui ujian Praktik Home Care Pijat Bayi ataupun Pijat Ibu Nifas.

Pada Rabu, 13 November 2019, mahasiswa Prodi DIII Kebidanan semester 5 melaksanakan ujian Home Care Pijat Bayi dan Pijat Ibu Nifas pada salah seorang Ibu yang baru saja melahirkan bayi. Ujian ini dilaksanakan langsung di rumah pasien.

“Saya senang sekali dijadikan sebagai pasien dalam ujian home care ini. Selain mendapat pijatan gratis, saya juga merasa sangat nyaman dan rileks setelah dipijat, karena selama selesai persalinan saya merasa otot-otot saya sangat lelah dan tegang mengurus bayi,” ujar Lena, seorang pasien ujian home care hari ini.

“Ujian home care pijat bayi dan pijat ibu nifas ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa agar mampu melakukan praktik pijat bayi dan pijat ibu nifas secara mandiri, sebelum nantinya akan turun ke lapangan untuk praktik langsung pada pasien,” ujar Ibu Made Dewi Sariyani, S.ST., M.Kes., CSMT selaku dosen pengampu mata kuliah Askeb Pijat Bayi dan Askeb Komplementer.

admin

STIKES Advaita Medika Tabanan

Mungkin Anda Menyukai